Friday, May 27, 2011

BRONKETEM (BROWNIES KUKUS KETAN ITEM)


Ini salah satu favorit saya dan juga favorit customer saya, gak jarang menjadi pilihan salah satu isian snack box atau snack tampah. Bahkan ada yg dijadikan decorated cake juga lho ^_^
Pokoknya termehek-mehek deh sama bronketem ini :D

Kemarin habis bikin berloyang-loyang bronketem, hari ini jadi 'kabita' pengen juga. Sekalian ada pesanan bronketem juga seloyang, yo wiss sekalian bikin aja deh buat dimakan sendiri, hehee... Udah lama gak nyomot si bronketem ini ;)

Teksturnya legit dan moist dan gak kalah enak dg brownies kukus biasa. Dan ada tekstur berpasir di mulut khas tepung ketan hitam. Aroma tepung ketan hitam dan coklat berpadu. Unik sekali ^__^
Resep ini hasil utak atik saya sendiri, akhirnya saya dapat komposisi yg pas menurut pendapat saya lho ya, hehee... Prinsip saya sebisa mungkin klo yg namanya 'brownies' ya pake coklat :D
Terkecuali klo brownies pandan atau keju itu beda lagi urusannya ya... Hihihiiii... :p


Brownies Kukus Ketan Item (Bronketem)
by Ricke 'Bunda Nadhifa' Indriani

Bahan:
6 butir telur
200 gram gula pasir
1 sdt emulsifier
1/4 sdt garam
1 sdt vanilla

2 sdm susu kental manis

250 gram tepung ketan hitam
20 gram coklat bubuk, diayak
---> Campur jadi satu

100 gram dark cooking chocolate, cincang
200 gram minyak goreng atau mentega dilelehkan

Coklat meisyes (rice chocolate) secukupnya untuk filling

Cara membuat:
1. Panaskan kukusan.
2. Lelehkan dark cooking chocolate. Masukkan minyak goreng. Aduk rata. Dinginkan.
3. Kocok telur, gula pasir, emulsifier dan garam dengan mixer kecepatan tinggi sampai mengembang, kental dan berjejak. Masukkan vanilla, kocok rata. Masukkan susu kental manis. Kocok rata.
4. Masukkan campuran tepung ketan hitam dan coklat bubuk sedikit demi sedikit bertahap sambil dikocok dg mixer kecepatan rendah sampai merata.
5. Masukkan campuran dark cooking chocolate dan minyak goreng/mentega cair. Aduk balik dg spatula hingga rata dan homogen.
6. Bagi 2 adonan. Tuang 1/2 bagian adonan ke dalam loyang ukuran 20x20x7 cm yg telah diolesi margarin dan dialasi kertas roti. Kukus 10 menit dg api sedang.
7. Taburi coklat meisyes. Tuang kembali 1/2 bagian sisa adonan. Kukus kembali 20-25 menit hingga matang.
8. Angkat dan langsung keluarkan dari loyang. Biarkan dingin. Potong-potong dan sajikan.

Selamat mencoba ^__^

Sssttt... Yg gak mau repot silahkan yuk diorder aja ;)

50 comments:

fani said...

mba,ada tips khusus ga waktu ngukus?aq tiap bikin kue yg dikukus ko hasilnya kurang memuaskan...

Tuwaga Family said...

Bunda Nadifa, terimakasih atas sharing resepnya yahhh, saya kebagian rezekinya niii, saya link boleh yaa, silahkan juga mampir ke bakul yang masih cupu ini ( baru calon bakul, karena baru 1,2,3, he he he

tara said...

mba, aku coba resepnya ya:), smoga anakku suka krn ada campuran DCCnya. kalau cake ketan item biasa anakku gak suka krn ada teksur pasirnya:).
terima kasih atas sharingnya ya, GBU.

yenni wen said...

mba, aku udah nyoba resepnya. asli enyakkk.... TFS ya...

esi said...

kemarin nyoba tmcc nya mbak ricke (koment udah di post), tadi bikin ini untuk liat tetannga yang masuk RS, kebetulan ada sisa bahan bikin tmcc kemarin....uenak mbak, walapun nyicipnya cuma sisa2 dari pinggir loyang (hiks/....hiks gak sempat bikin lebih)..legit, pas kegigit tepung ketan itamnya....thans ya mbak resepnya...kayaknya esi bakalan jadi ricke lover

Kreasi Marie said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

Mbak Ricke, I tried this cake 2 times. And the results were perfecto... Thanks for sharing the recipe yach Mbak. Boleh aku link resep ini ke blog ku yach Mbak(www.retnosujono.blogspot.com. Cheers,

Uthie Rizal said...

bunda nadifa,makasih ya atas sharing resep nya... aku udah pratekkin mbk,ternyata enak.. emang termehek mehek ama bronkentan ini mbk. Setiap resep mbk yg aku pratekkin pasti sukses... Makasih ya mbak...

Wennykitchen@blogspot.com said...

Assalamualaikum mb ricke, salam kenal ya. sy sudah cobain beberapa resepnya,jg resep bronketem ini, sekali coba lgsg berhasil dan enakkk banget dan sekarang resep ini selalu sy buat kalo bikin bronketem. Trims ya mb.

Shaz said...

Salam perkenalan Mbak Ricke, Saya kagum sungguh dengan bakat mbak. Semua hasil kek nya cantik sekali. Sudah lama mencari resepi kuih ini. Cuma mau bertanya, boleh kah kue ini di bakar dengan oven. Berapa suhu oven yg sesuai?.. terima kasih.

Ricke Indriani said...

All dear friends, terima kasih sudah mampir. Alhamdulillah klo resepnya cocok dan disukai. Ikut senang :)

Shaz, salam perkenalan Mba :)
Saya sendiri belum pernah memakai resep ini untuk dibake/dipanggang di oven. Jadi belum bisa kasih acuan suhu dan waktunya. Juga hasil akhirnya seperti apa. Maaf ya :)

Galia Salfitri said...

Selamat siang mbak ricke,
ijin copy resepnya ya... sudah saya praktekkan,hasilnya enak dan pas menurut saya.
Sudah cocok de ama rsep bronketem ini.
Makasih..

Nia said...

Mba.. ak ijin copy resepnya yaa... Makasih untuk sharing nya...

Anonymous said...

Terimakasih share resepnya bunda....
Salam kenal dari member Ncc
Trisna

Anonymous said...

tq mb...skrg aq bs buat nambah aneka cake yg bs aq jual...hehehe

Anonymous said...

mbak, untuk susu kental manisnya pake yang coklat ato putih ya?

Ricke Indriani said...

Mba Ghalia, alhamdulillah. Terima kasih sudah mencoba :)

Mba Nia, silahkan Mba semoga cocok dengan resepnya ya. Mohon dicantumkan sumbernya jika akan dipublikasikan kembali. Trims.

Anonynomous, maaf ini dengan Mba siapa ya? :)

Anonymous said...

halo mbak, resep ini lbh pas memakai SKM coklat atau putih?

Ricke Indriani said...

SKM putih. Mau coklat juga bisa.

Bund Cake said...

Hi, Mba Ricke,
Thenkyu banget untuk sharing resepnya, bener deh, langsung jadi idola dirumah

Sukses selalu

siska said...

Teteh..izin nyontek resep-resepnya ya. Hatur nuhun :)

Unknown said...

mba, ijin copas resep2 nya yaa... lumayan nie bs jadi peluang usaha buat aku..

Anonymous said...

emulsifier yang aman apa y mbak?

Afifah Zabarij said...

Assalamualaikum Ibu Ricke. Mohon ijin copy resepnya ya. Mohon perkenannya juga resepnya saya gunakan untuk dijual kuenya. Terimakasih banyak, semoga selalu sukses ya Buuuu....

Ricke Indriani said...

Sama2 Mba. Alhamdulillah :)

Ricke Indriani said...

Iya Mba. Sami2 :)

Ricke Indriani said...

Iya Mba. Semoga sukses usahanya :)

Ricke Indriani said...

InsyaAllah aman Mba, emulsifier itu food grade kok. Klo di Indonesia hampir semua terbuat dari nabati (vegetable emulsifier). Cari yg sudah halal lebih utama.

Ricke Indriani said...

Wa'alaikumsalaam. Iya Mba. Silahkan, semoga sukses ya jualannya :)

Reen said...

Can i know what is susu kental in english? Is it fresh milk? TQ :-)

Anonymous said...

Mba ricke aku penggemar blog mu.. pengeenn banget pinter kaya ricke aku dah nyoba lapis singkong n broketem nya . uenakkk uenakkkk .. lagi belajar bisnis kue juga nihhh mudah2 ketularan suksesnya yaahh

yuli said...

Assalamu'alaikm..Mba ricke, Ku izin mw nyontek resepnya ya.. biasa bikin bronketem resep yg Lain, skrang mW nyobain resepny mb ricke..skalian promosi juga.. tq y mba

rizki mariskha said...

mba Ricke... cara ngeluarin brownies dari loyang apakah dibalik? ato seluruh loyang dilapisi kertas roti yg ujung2nya dilebihin biar mudah utk ngeluarin dr cetakan ? krn td aku liat resep brownies panggang di blok mba ricke kok caranya seperti itu

Ricke Indriani said...

Sweetened Condensed Milk.

Ricke Indriani said...

Alhamdulillah. Sukses selalu ya :)

Ricke Indriani said...

Wa'alaikumsalaam. Silahkan Mba, semoga cocok ya :)

Ricke Indriani said...

Dibalik aja, klo pakai cara lain pasti saya tulis di resepnya. Brownies panggang memang begitu, agar tidak dibalik karena bagian permukaan shiny crust-nya rawan retak dan toppingnya suka ada yg rontok bila dikeluarkan dengan dibalik. Brownies kukus kan tidak.

Anonymous said...

mba ricke, makasih ya resepnya, percobaan pertama saya berhasil jadi enak kata orang-orang kantor :D

Tiewied said...

Maksih mb Ricke..saya ada pesanan brokentem nih...selalu bikin pake resep mb Ricke...maaf baru silahturahmi...semoga sehat selalu...

Miki said...

Mba Ricke salam kenal...
Sy baru belajar masak ni hehe tertarik buat bikin bronketem nya
mau tanya mba. Resepnya emang ga pake baking powder ya mba?

niaf said...

Mbak Ricke salam kenal... trima kasih sharing resep brownies ketan hitamnya... sudah saya coba, enaaak banget, kuenya larisn manis jd gak sempet difoto... izin copas & nge-link resepnya ya Mbak... trima kasih :)

Unknown said...

Teh Ricke, salam kenal. Sy Tita, baru belajar ngeblog & nge baking. Ijin copas resep2nya ya.

Unknown said...

Mba Ricke,aku Tita. Baru belajar ngeblog and baking. selain aku copas resep-resepnya, aku link jg k blognya Mba dr blog aku...bolehkah? Trims

Julia Selinda said...

Mbak Ricke makasi banyak ya resepnya, keluarga pada suka, bahkan mama yang nggak suka kue juga suka banget sama kue ini.. hehe.. :D fans berat blog mbak nih! xD
saya post hasil kuenya di blog saya.. kalau sempat boleh lihat" ya...
http://raf-selinda.blogspot.com/2014/02/black-glutinous-rice-flour-steamed.html

Unknown said...

Salam kenal, Mba.. aku mau tanya kalau di korea tepung ketan hitam itu namanya apa, ya ? Thanks

Julia Selinda said...

Halo Mbak Ricke, aku fans beratnya mbak nih! Hehe.. Saya uda cobain resepnya, dan enaaakkkkkkk banget! Bahkan mama yang kurang suka makan kue aja suka banget dan bagiin ke teman2nya buat dicobain.
Foto2nya saya post di blog saya, kalau sempat berkunjung ya mbak.. :D
http://raf-selinda.blogspot.com/2014/02/black-glutinous-rice-flour-steamed.html

mandalurina said...

Mba ricke, maap nih baru minta ijin copy resepnya. Semalem udah aku cobain dan rasanya endeees banget mba. Rasa coklat dari brownis sama rasa ketannya ngemix banget. Jadi pede nih kalo terima pesanan hehe :).

Anyway, aku jadiin blog mba ini sebagai acuan resep2 loh mba. Terus berkarya ya mba :D

Gitanti said...

Mbaa..thanks for the lovely recipe ^^…barusan ajaa selesai recook..

Unknown said...

Resepnya enakkk bngettt. Ak udh coba mntapp deh mba pokoknya. Di tunggu resep yg baru. Thanks yaa mba

Endah said...

Karena nggak punya kukusan aku nekat aja manggang. Aku set di 160 Dercel selama 45 menit. Hasilnya tetap moist dan enak. Makasih ya Mbak Ricke 😀😀😀

Post a Comment